Rabu, 12 Februari 2020

Ketahui dan Hindari Penyebab Siklus Haid Tak Teratur

Proses menstruasi atau datang bulan atau haid terjadi akibat menebalnya dinding rahim di setiap bulannya yang merupakan dampak dari hormon reproduksi. Sebelum menstruasi, rahim wanita akan memasuki proses ovulasi, di mana sel telur keluar dari ovarium (indung telur) dan menempel pada dinding rahim. Ketika tak terjadi pembuahan pada sel telur, dinding rahim yang menebal tersebut meluruh dan keluar bersama dengan darah menstruasi.

Jangan lupa, setiap kali menstruasi, selalu gunakan pembalut yang aman bagi kesehatan organ kewanitaan, serta yang dapat membantu menjaga kelembaban area kewanitaan dengan baik, seperti Laurier. Agar pembalut dapat berfungsi dengan baik dalam menampung cairan yang keluar, ikuti cara memakai pembalut laurier dengan benar sebagaimana yang tertera pada kemasannya.

Selain pemilihan dan pemakaian pembalut, hal penting lain yang perlu anda perhatikan adalah mengetahui siklus dan durasi menstruasi anda, apakah masih termasuk siklus yang normal, ataukah abnormal. Pada siklus menstruasi yang normal, rentangnya berkisar antara 21 hingga 35 hari, dengan durasi menstruasi selama 3 hingga 7 hari. Meski siklus menstruasi anda normal, namun tanggal datang bulannya tidaklah selalu sama. Bisa jadi siklusnya datang terlambat, atau malah lebih cepat dari siklus sebelumnya.

Tak perlu cemas akan maju mundurnya siklus haid yang dialami, karena penyebab haid tidak teratur tanggalnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres baik psikis ataupun stres fisik, kurangnya asupan nutrisi di setiap diet harian, sedang dalam program KB, atau sedang berada dalam masa pramenopause, yaitu telah memasuki usia di rentang 33 hingga 47 tahun.

Jika sekiranya siklus menstruasi anda yang tak beraturan tanggalnya disebabkan oleh hal-hal tersebut di atas, maka anda tak perlu merasa khawatir secara berlebihan. Namun jika gangguan siklus menstruasi anda berlangsung hingga berbulan-bulan lamanya, terlebih disertai dengan keluhan lainnya, bisa jadi gangguan siklus tersebut disebabkan oleh penyakit seperti PCOS, atau penyakit lainnya. Dalam hal ini, anda perlu segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui kepastian penyebab dan penanganan yang tepat agar anda tak menderita penyakit yang lebih parah akibat penanganan yang terlambat.

Related Posts

Ketahui dan Hindari Penyebab Siklus Haid Tak Teratur
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.