Jumat, 25 Januari 2019

5 Cara Mudah dan Aman Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Menjaga kesehatan reproduksi sebenarnya tidak terlalu sulit dan butuh biaya besar. Bahkan, asalkan menerapkan gaya hidup sehat, semua organ tubuh pun ikut sehat, tidak terkecuali organ reproduksi. Tapi, tidak sedikit yang memilih obat tertentu untuk menjaga kesuburan. Lantas, bagaimana cara yang aman dan mudah? Berikut informasinya untuk Anda.

1. Atur Pola Makan
Setiap pasan suami istri tentu menginginkan keturunan yang lahir sehat dengan tumbuh kembang yang baik dan normal. Tapi, bukan berarti makan tanpa aturan atau pola yang jelas dan memasukkan semua jenis makanan ke dalam perut.

Kondisi obesitas atau bobot tubuh yang melebihi batas normal justru menghambat proses kehamilan. Begitupula dengan tubuh yang terlalu kurus, bisa menghambat perkembangan hormon estrogen. Bagi pria, bobot tubuh mempengaruhi kualitas sperma dan daya tahan tubuh saat berhubungan suami istri.

2. BAB dan BAK dengan Benar
Masih banyak masyarakat yang belum tahu cara membersihkan organ reproduksi luar, terutama setelah buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK). Padahal, aktivitas cebok ini sangat mempengaruhi kesehatan organ reproduksi.

Contohnya, menyiram air dari arah belakang. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena kuman dari anus bisa masuk ke dalam orgam reproduksi sehingga mengakibatkan infeksi. Penggunaan tisu toilet untuk pengganti air juga sebaiknya dihindari. Tisu biasanya mengandung pemutih yang tidak aman untuk area intim.

3. Lakukan Sunat
Khitan atau sunat merupakan sunnah bagi umat Muslim, tapi manfaatnya sangat penting bagi kesehatan reproduksi pria. Jadi, bagi perempuan, sebaiknya memilih laki-laki yang sudah di-khitan untuk dijadikan suami.

Kenapa harus seperti itu? Karena laki-laki yang belum di-khitan memiliki risiko tinggi terkena kanker penis. Begitupula dengan seorang istri yang berhubungan intim dengan suami yangbelum disunat, berisiko terkena kanker serviks (kanker leher rahim).

4. Jaga Suhu dan pH Organ Intim
Bagi perempuan, menjaga organ intim bisa dengan rajin mengganti celana dalam, terutama saat berkeringat dan keputihan. Gunakan celana dalam dari bahan katun agar mampu menyerap keringat. Hindari penggunaan cairan pembersih kewanitaan saat cebok karena bisa mengubah suhu dan pH normal pada area tersebut.

Kemudian untuk laki-laki, menjaga suhu dan pH organ intim dapat dilakukan dengan cara menghindar dari berlama-lama di tempat panas, contohnya mandi air hangat dan di siang hari. Suhu organ intim yang sejuk berpotensi meningkatkan jumlah sperma. Jadi, pada suhu 370C jumlah sperma lebih sedikit daripada saat berada pada suhu 340C-350C.

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman
Pakain ketat memang bisa bikin perut terlihat lebih rata. Tapi, hal ini biasanya menjadi cukup menyiksa, bahkan bisa menghambat sirkulasi udara dan tumbuhnya jamur. Oleh karena itu, sebaiknya minimalisir penggunakan celana jeans dan anjuran ini berlaku untuk perempuan maupun laki-laki. Bukan hanya organ reproduksi, syaraf tulang belakang juga bisa terganggu.

Nah, mulai sekarang sebaiknya jaga kesehatan organ reproduksi Anda. Selain kesehatan reproduksi, bagaimana cara berhubungn dan bahaya tidaknya berdarah saat berhubungan intim bagi perempuan bisa Anda ketahui di Orami Magazine. Bacaan yang sangat direkomendasikan untuk pasangan yang sudah menikah atau tengah mempersiapkannya.

Related Posts

5 Cara Mudah dan Aman Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.