Senin, 31 Desember 2018

Tips Belajar Membaca dan Menulis Agar Anak Cepat Bisa

Setiap orangtua tentu saja sangat ingin anak mereka yang masih kecil atau masih di bangku TK sudah bisa membaca dan menulis dengan lancar. Selain sebagai kebanggaan tersendiri bagi orangtua, diharapkan anak tersebut nantinya bisa diterima di sekolah favorit. Sebab, beberapa sekolah dasar favorit hanya mau menerima calon siswa yang sudah bisa membaca dan menulis dengan lancar. Oleh karena itu, sebagian orang tua berupaya agar anaknya bisa Belajar membaca dan menulis dengan maksimal, meskipun harus menyewa guru privat untuk itu.

Faktanya, mendorong anak untuk belajar membaca dan menulis sejak dini bukanlah hal yang mudah. Para orangtua atau guru privat harus mempunyai kesabaran ekstra saat melakukannya. Terlebih lagi jika anak tersebut tipe anak hiperaktif, lebih suka dengan banyak bergerak dan bermain. tTentu saja butuh kesabaran ekstra untuk mengajarinya membaca dan menulis. 

Terlalu memaksa anak usia dini untuk belajar membaca dan menulis bisa merusak mood belajar si anak, Akibatnya si anak malah tidak mau untuk diajak belajar. Hal ini wajar, karena bermain adalah dunia mereka. Sehingga para orang tua atau guru privat harus bisa menyesuaikan dengan kondisi tersebut.

Oleh karena itulah, pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi terkait beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh para orangtua maupun guru privat yang ingin mendorong anaknya atau anak didiknya untuk belajar membaca dan menulis. Beberapa hal penting tersebut adalah :

1.Tidak terlalu memaksakan anak
Perlu diingat bahwa ketika anak belajar membaca dan menulis, butuh waktu dan proses bagi si anak untuk memahami dan menguasainya. Jangan terlalu memaksakan anak dalam hal ini, karena pastinya membutuhkan waktu dan proses sehingga anak itu bisa membaca dan menulis. Jangan pula terbiasa membanding-bandingkan anak dengan anak-anak lainnya yang sudah bisa membaca dan menulis, karena masing-masing anak memiliki kelebihan dan kekurangan.

2.Jangan tegang dan kaku saat mengajari anak membaca dan menulis
Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para orang tua maupun guru privat ketika anak dalam proses belajar membaca dan menulis adalah terlalu kaku dan tegang dalam mengajari mereka. Jika kondisi anak tidak mendukung untuk menerima pelajaran, jangan paksakan. Tunda saja dulu sampai kondisinya memungkinkan, baru belajar membaca dan menulisnya dilanjutkan kembali.

3.Perhatikan mood anak sebelum mulai belajar
Masih ada kaitannya dengan poin kedua di atas, yaitu tidak terlalu memaksakan anak untuk belajar membaca dan menulis meskipun mood si anak tidak mendukung. Pahami mood anak sebelum kegiatan belajar-mengajar di mulai. Jika si anak dalam kondisi marah, lapar, atau mengantuk, jangan memaksanya untuk belajar. Biarkan anak reda dulu marahnya atau selesai tidur dan beristirahat barulah kegiatan belajar membaca dan menulis dimulai.

4.Jangan terlalu lama belajar
Dunia anak adalah bermain. Oleh karena itu, jika anak terlalu lama belajar membaca dan menulis pasti akan merasa bosan dan jenuh. Akibatnya si anak tidak akan bisa fokus dan konsentrasi dalam belajar. Oleh karena itu, waktu belajar membaca dan menulis anak sebaiknya dilakukan 15-20 menit saja. Hal ini jauh lebih baik dan efektif karena si anak akan fokus dan konsentrasi, daripada belajar dalam waktu lama tetapi tidak bisa fokus dan konsentrasi dengan pelajarannya.

5.Berikan pujian kepada anak
Pada saat anak sedang belajar membaca dan menulis, terkadang anak cepat paham atau cepat menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya dengan benar. Nah, orang tua atau guru privat jangan pelit untuk memberikan pujian kepada si anak atas hal tersebut. Meskipun terdengar sepele, kenyataannya memberikan pujian kepada anak atas prestasinya terbukti sangat efektif dan bermanfaat dalam meningkatkan semangat dan gairah belajar anak. Tentu hal ini akan memberikan efek yang positif terkait dengan aktifitas belajarnya.

Selain kelima hal di atas, perlu diperhatikan juga metode belajar yang diterapkan. Gunakan cara yang menghibur dan bersifat bermain, agar si anak tidak cepat bosan dalam belajar. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tips Belajar Membaca dan Menulis Agar Anak Cepat Bisa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.