Jumat, 21 Desember 2018

Lakukan 7 Hal Ini Agar Perangkat Photography Dan Video Anda Tidak Cepat Rusak

Memiliki perangkat photography dan video https://fastwork.id/photography-video seperti kamera DSLR atau camcorder digital, mengharuskan kita untuk bisa melakukan perawatan dan penjagaan yang baik agar perangkat tersebut tidak cepat rusak. Bukannya apa-apa, selain karena harganya yang mahal, bagi sebagian orang seperti fotografer, memiliki kamera yang selalu dapat diandalkan sangatlah penting. Bagi yang masih awam dan ingin tahu bagaimana cara merawat perangkat kamera, berikut ini beberapa tipsnya.

1. Jangan Sampai Basah
Air merupakan musuh dari berbagai macam alat elektronik dan digital karena sangat berpotensi merusak komponen yang ada dibagian dalam perangkat. Untuk itu, sebisa mungkin menjauhkan kamera dari air. Jangan sampai kamera menjadi basah karena akan membuat bagian lensa kamera berembun dan lembab.

2. Simpan Ditempat Khusus Dan Kering
Saat tidak digunakan, letakkan perangkat photography dan video pada tempat khusus yang tertutup dan kering seperti lemari kaca. Menyimpan kamera di dalam lemari khusus dapat menghindarkan kamera dari debu, kotoran dan berbagai macam potensi bahaya yang dapat merusak komponen perangkat.

3. Bersihkan Lensa
Mau digunakan atau tidak, lensa kamera harus selalu dalam keadaan bersih. Jika lensa mulai terasa berdebu, kurang jernih, berembun dan lainnya, segera bersihkan menggunakan cleaning kit dan lap lembut. Usapkan kain lap yang sudah disemprotkan cleaning kit sebelumnya secara perlahan dan hati-hati pada bagian lensa kamera. Selain itu, cara lainnya untuk menjaga lensa adalah melengkapinya dengan lens cap.

4. Gunakan Tas Khusus Kamera
Saat harus membawa perangkat photography dan video ke suatu tempat yang jauh, ada baiknya untuk menggunakan tas khusus. Jangan sekali-kali meletakkannya pada sembarang tas atau memaksakan perangkat masuk ke dalam tempat yang bukan diperuntukkan untuk kamera. Hal ini sangat berisiko terjadinya kerusakan. Lebih baik menggunakan tas khusus yang memang sudah didesain untuk kebutuhan penyimpanan perangkat fotografi.

5. Lengkapi Dengan Anti Gores
Tidak jauh berbeda dengan ponsel, perangkat photography dan video seperti misalnya kamera DSLR, juga perlu menggunakan pelindung layar berupa screen guard. Pelindung layar ini akan menjaga layar dari debu, goresan, retak dan bekas sidik jari. Menggunakan screen guard menjadikan layar kamera jadi lebih awe dan tidak mudah rusak.

6. Bersihkan Kamera Secara Rutin
Perlu diketahui, bahwa tidak hanya bagian lensa saja yang perlu dibersihkan, melainkan komponen lainnya seperti body kamera. Gunakan beberapa peralatan untuk membantu membersihkan body kamera, seperti kuas halus, cotton bud, lap lembut dan cairan pembersih khusus. Perhatikan detail body mana saja yang perlu dibersihkan. Lakukan pembersihan secara teratur dan hati-hati agar kualitas kamera atau perangkat photography dan video tetap terjaga dengan baik.

7. Jangan Meminjamkan Kepada Sembarang Orang
Tips terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan tidak meminjamkan peralatan photography dan video kepada sembarang orang. Dikhawatirkan, orang lain mungkin saja tidak bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Daripada harus menanggung kerusakan alat oleh sebab kecerobohan orang lain, akan lebih baik jika berhati-hari dari awal. Apalagi jika kamera yang anda miliki, termasuk dalam kategori mahal. Tentunya, harus lebih ekstra hati-hati.

Semoga 7 tips yang sudah saya bahas tadi cukup bermafaat untuk pembaca sekalian. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini hingga tuntas.

Related Posts

Lakukan 7 Hal Ini Agar Perangkat Photography Dan Video Anda Tidak Cepat Rusak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.