Senin, 31 Desember 2018

Informasi Seputar Pengertian Quinoa

Quinoa adalah serealia semu yang dijadikan makanan pokok oleh masyarakat Indian di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Disebut sebagai serealia semu karena biji dari quinoa atau kinoa ini bukan berasal dari tumbuhan suku padi-padian. Quinoa adalah serealia semu yang daunnya bisa dimakan seperti bayam biji. Biji quinoa sangat cocok dijadikan sebagai sumber gizi karena mengandung karbohidrat dan protein asam amino esensial yang lebih tinggi, serta sejumlah kalsium, fosfor, dan besi.

Saat ini ada tiga negara yang disebut-sebut sebagai produsen utama quinoa, yaitu Peru, Ekuador, dan Bolivia. Quinoa adalah serealia semu yang bijinya populer sebagai sumber karbohidrat alternatif dari budi daya organik.

Quinoa adalah serealia semu yang diduga pertama kali didomestikasi sekitar 3000 hingga 4000 tahun yang lalu. Meskipun fakta menunjukkan kalau kerabat liar quinoa sudah digunakan sebagai makanan pokok oleh kaum penggembala sejak 5,200 hingga 7,000 tahun yang lalu.

Kebutuhan Iklim Quinoa
Quinoa adalah serealia semu yang memiliki beberapa varietas. Meskipun kebutuhan iklim dari setiap varietas quinoa berbeda-beda, tetapi secara umum mampu bertahan di ketinggian. Misalnya saja di Chili, quinoa atau kinoa ditanam di kawasan pantai yang mencapai ketinggian 4000 meter di Pegunungan Andes dekat dengan ekuator.

Quinoa adalah serealia semu yang bisa tumbuh maksimal pada temperatur dingin-sejuk antara -4 oC hingga 35 oC. Beberapa variets malah bisa bertahan pada temperatur yang lebih rendah lagi dari itu. Namun tanaman quinoa yang sedang berbunga dapat terganggu pada temperature beku dan bisa mengakibatkan pollen menjadi steril.

Quinoa membutuhkan curah hujan antara 300 hingga 1000 mm agar masa perkecambahan dan pertumbuhan bisa berlangsung maksimal. Untuk masa pembentukan biji hingga pemanenan dibutuhkan kondisi kering.

Masa Panen Quinoa
Quinoa adalah serealia semu yang jumlah panennya bisa mencapai 3 ton hingga lima ton per hectare. Jumlah ini setara dengan produktivitas gandum di pegunungan Andes. Quinoa umumnya dipanen dengan tangan dan jarang sekali menggunakan mesin dikarenakan variasi waktu kematangan bijinya cukup bervariasi. Kondisi ini menyebabkan panen secara massal menggunakan mesin tidak memungkinkan.

Dalam proses panen, quinoa dipilih secara selektif untuk mencegah biji pecah ketika dirontokkan. Jika tanaman individu dari quinoa ini memiliki kuntum atau tandan bunga lebih dari satu dan waktu berbunganya juga berbeda, otomatis waktu matang juga terjadi pada waktu yang berbeda. Namun seiring perjalanan waktu, proses pemuliaan tanaman quinoa mulai dilakukan di Amerika Serikat dengan tujuan agar menghasilkan varietas quinoa bisa dipanen secara bersamaan.

Setelah quinoa selesai dipanen, proses selanjutnya yang dilakukan adalah perontokan dan penampian untuk menghilangkan kulit bijinya. Untuk mencegah perkecambahan, biji harus dikeringkan dulu sebelum disimpan. Oleh karena itu, sebaiknya biji quinoa  diproses terlebih dahulu sebelum disimpan agar lapisan saponin yang membungkus biji bisa hilang.
Quinoa Kaya Akan Nutrisi
Quinoa adalah makanan superfood bernutrisi tinggi. Sebab, quinoa kaya akan protein dengan asam amino esensial, karbohidrat, mangan, fosfor, natrium, kalium, kalsium, zat besi, kolin, zinc, magnesium, vitamin B9 (folat), B6, B2, B1, dan vitamin E.

Karena banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada quinoa, menyebabkan NASA mempertimbangkan untuk menjadikan tanaman ini sebagai sumber bahan makanan yang ditanam pada penerbangan antariksa berawak jangka panjang.

Quinoa juga mengandung protein yang jumlahnya dua kali lebih banyak dari oat. Oleh karena itu, tanaman ini cocok dikonsumsi dengan tujuan pembentukan dan regenerasi sel otot. Selain itu, quinoa juga mengandung lisin yaitu asam amino utama yang sangat efektif dan bermanfaat untuk memulihkan sel otot yang rusak saat berolahraga.

Quinoa adalah makanan superfood bernutrisi tinggi dengan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantara manfaat quinoa adalah menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak, mencegah kerusakan sel, meredakan sakit otot, menormalkan kadar gula darah, melawan radikan bebas, meningkatkan kadar kolesterol baik, serta beragam manfaat lainnya.

Related Posts

Informasi Seputar Pengertian Quinoa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.